Penggunaan Bahasa Inggris Formal dan Informal

31

Penggunaan Bahasa Inggris Formal dan Informal

foto: ef.co.id

Pengingat yang terpenting bagi yang sedang belajar bahasa Inggris adalah mendapatkan banyak pengetahuan. Namun tidak semua pengetahuan yang dimiliki sama. Namun kamu yang sedang belajar bahasa Inggris harus tau bahwa ada dua jenis penggunaan bahasa dalam bahasa Inggris: formal dan informal. Bahasa Inggris formal digunakan dalam teks dan situasi yang “serius” – misalnya, dalam dokumen resmi, buku, laporan berita, artikel, surat bisnis, atau pidato resmi. Bahasa Inggris informal digunakan dalam percakapan sehari-hari dan dalam surat pribadi.

Berikut adalah contoh perbedaan bahasa formal dan informal dimulai dari bahasa Inggris formal yang mungkin kamu temukan di buku:

“As the price of five dollars was reasonable, I decided to make the purchase without further thought.”

“Karena harga lima dolar masuk akal, saya memutuskan untuk melakukan pembelian tanpa berpikir lebih jauh.”

Pemikiran yang sama akan diungkapkan dengan sangat berbeda dalam bahasa Inggris informal. Berikut adalah contoh nyata yang saya dengar dari seorang pemuda Amerika:

“It was, like, five bucks, so I was like “okay”.”

“Itu tuh kayak, Cuma lima dolar? Jadi ya.. oke”

Kamu perlu menguasai bahasa Inggris formal karena ingin bisa membaca buku, memberikan presentasi bisnis atau menulis surat resmi. Kamu juga membutuhkan bahasa Inggris informal karena kamu pasti ingin dapat memahami dan lancar berbicara bahasa Inggris dengan penutur bahasa Inggris dalam situasi sehari-hari. Untuk memperluas dan mempermudah kamu mempelajarinya, inilah penggunaan dan perbedaannya :

Bahasa Formal

  • Digunakan dalam konten resmi, sastra, akademis, dll
  • Biasanya digunakan dalam penulisan yang cermat dan diedit – ketika penulis memiliki banyak waktu untuk memoles teksnya. Bahasa Inggris formal juga terjadi dalam pidato, biasanya ketika pembicara mengatakan sesuatu yang telah disiapkan sebelumnya (misalnya, membaca berita atau menyampaikan pidato resmi)
  • Kalimat yang lebih panjang dan lebih rumit, misalnya:

“Toyota’s US sales bounced back in March as substantial discounts helped to win back customers who had been shaken by the firm’s mass safety recalls.”

Bahasa Informal

  • Digunakan dalam percakapan pribadi sehari-hari
  • Biasanya digunakan dalam pidato “improvisasi” – saat pembicara berbicara tanpa persiapan, seperti dalam percakapan (dalam kehidupan nyata atau melalui telepon). Bahasa Inggris informal juga terjadi secara tertulis, biasanya setiap kali penulis menulis dengan cepat dan tanpa mengedit (misalnya, di chatroom Internet atau di email pribadi cepat)
  • Kalimat lebih sederhana dan pendek, misalnya:

“Did you see Toyota’s sales figures? Looks like the discounts have actually worked.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here