Mengenal Lebih Jauh Uang Elektronik Brizzi yang Dikeluarkan BRI

350

Mengenal Lebih Jauh Uang Elektronik Brizzi yang Dikeluarkan BRI

Transaksi uang elektronik berbasis kartu masih ramai digunakan oleh masyarakat. Meskipun kehadiran e-money menggunakan server kian marak. Bank Mandiri mencatat transaksi e-money mencapai 1,06 miliar di akhir 2019 lalu. Dan kartu Brizzi tercatat tumbuh sebesar 34% sejak tahun 2018. Hingga kini pemakai kartu tersebut sudah mencapai angka 16 juta pengguna. Memang di masa depan prediksi pertumbuhan transaksi kartu masih kelabu, namun bukan berarti hilang dari perdaran.

Mengenal Apa Itu E-money Brizzi

Kartu ini berisi uang elektronik yang fungsinya hampir sama, dengan kartu debit maupun kredit. Bisa dijadikan sebagai alat pembayaran belanja secara non tunai, jadi bebas melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun. Tapi dikhususkan untuk tempat yang menyediakan mesin DC. Memberikan kemudahan berbelanja bagi para penggunanya, tidak perlu lagi membawa uang cash dalam jumlah yang banyak.

Ada perbedaan yang mencolok dari kartu Brizzi, yaitu kartu hanya bisa diisi ulang secara terpisah dari rekening. Tidak seperti kartu debit dimana secara otomotis langsung terisi, ketika kita menambah saldo pada rekening. Tidak pula seperti kartu kredit yang transaksinya perlu berhutang dulu kepada bank. Isi ulang kartu e-money ini dalam bentu kartu prabayar, yang digunakan sebagai pengganti uang tunai.

Seperti produk e-money pada umumnya, kartu e-money ini dilangkapi dengan teknologi Radio Freaquency Identification. Dimana pengguna kartu ketika melakukan transasksi pembayaran, cukup menempelkan kartu ke mesin pembaca lalu transaksi akan berlangsung begitu saja. Namun transaksiĀ  hanya terjadi khusus di merchant yang telah bekerjasama dengan BRI.

Keuntungan menggunakan kartu Brizzi ialah dapat diimplementasikan ke beberapa sistem pembayaran. Contoh pembayaran yang bisa dilakukan dengan Brizzi, mulai dari pembayaran transportasi umum seperti MRT, KRL, dan Transjakarta. Bagi anda yang memerlukan perjalanan antar tol, juga bisa memanfaatkan fasilitas kartu elektronik ini. Saat berbelanja di Carefour atau Hypermart pun kini lebih simple, tinggal gunakan Brizzi sebagai alat pembayaran masa kini.

E-money ini mengakomodasi pembayaran transaksi mulai dari 1 rupiah, hingga mencapai 1 juta rupiah. Proses jual beli dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, tidak perlu mennggunakan uang tunai apalagi direpotkan dengan menghitung uang recehan. Kartu Brizzi juga menyediakan banyak promo yang bervariatif, khusus untuk para penggunanya. Promo ini bisa ditukar ketika sedang berbelanja ke merchant-merchant tertentu.

Cara Mendapatkan Kartu Elektronik

Cara pembuatan kartu e-money ini sangatlah mudah, anda bisa mendapatkannya di tiga lokasi yaitu kantor cabang BRI, E-commerce yang menyediakan, atau Alfamart. Tinggal datang ketiga tempat tersebut, lalu beritahukan maksud anda ke bagian customer service. Khusus media marketplace cukup mendaftar online saja, namun calon pengguna diminta untuk bersabar sebab prosesnya berlangsung agak lama.

Tidak perlu khawatir masalah proses aktivitasi, setelah melakukan top up kartu Brizzi akan secara otomatis bisa digunakan. Agenda selanjutnya anda bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Disarankan untuk melakukan top up deposit, untuk menambahkan sejumlah saldo supaya anda bisa bertransaksi lebih banyak lagi. Kartu pembayaran elektronik ini tidak perlu ribet, seperti penggunaan uang tunai.

Menggunakan e-money memang sangat memudahkan transaksi, namun perlu berhati-hati bagi si boros. Kemudahan inilah yang tidak bisa mengerem hobi belanja anda, sebab rupa uang tidak terlihat. Berbeda jika membawa uang tunai saat shopping, anda lebih bisa mempredeksi pengeluaran yang dilakukan saat itu. Oleh sebab itu anda diharapkan lebih bijak dalam memakai kartu elektronik, menghindari adanya pembengkakan keuangan kemudian hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here