Cara Sederhana Buat Pupuk Kompos dari Sampah

Cara Sederhana Buat Pupuk Kompos dari Sampah

Pupuk merupakan nutrisi tambahan yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh dengan baik. Dengan pemberi nutrisi yang tepat, tanaman tidak hanya akan tumbuh dengan baik, namun juga menghasilkan buah berkualitas baik pula. Pupuk ini tidak harus pupuk buatan yang harganya mahal dan bisa berdampak pada kerusakan lingkungan. Anda pun bisa membuat pupuk sendiri dari sampah organik yang banyak ditemukan di sekitar. Inilah yang dinamakan pupuk kompos, buat kompos pun tidak terlalu sulit. Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah-Langkah Buat Kompos Sederhana

  1. Siapkan Bahan untuk Pupuk Kompos

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah siapkan bahan yang akan digunakan buat kompos. Bahan-bahannya adalah sampah daun yang sudah gugur, sisa sayuran, rumput kering, ranting pohon dan jenis sampah organik lainnya. Setelah dikumpulkan, potong sampah tersebut menjadi bentuk kecil-kecil. Semakin kecil potongannya semakin baik.

  1. Campurkan Bahan dengan Pupuk Kandang

Setelah menyiapkan bahan, langkah selanjutnya buat kompos yang mudah adalah campurkan bahan tersebut dengan pupuk kandang. Langkah ini akan membantu mempercepat proses pembuatan kompos serta membuat kompos semakin subur. Anda bisa menggunakan pupuk kandang apapun. Namun, yang biasanya lebih mudah ditemukan adalah pupuk kandang dari kotoran kambing. Komposisinya adalah 3:1 untuk bahan sampah organik dan pupuk kandang.

  1. Siapkan Larutan Gula dan EM4

Jika sudah, berikutnya Anda harus menyiapkan larutan gula. Takarannya adalah 100ml larutan gula atau setengah gelas. Caranya tinggal buat dengan mencampur air dan gula pasir. Ukuran atau takarannya sebenarnya bisa menyesuaikan dengan banyaknya sampah organik yang akan dibuat menjadi pupuk kompos. Siapkan juga larutan EM4. Larutan inilah yang berfungsi untuk mempercepat proses pengomposan. Anda bisa mendapatkan larutan ini di toko pertanian.

  1. Siram Bahan Organik dengan Larutan Gula dan EM4

Setelah sudah disiapkan, selanjutnya siram bahan organik yang sudah disiapkan sebelumnya dan dicampur dengan pupuk kandang, dengan larutan gula dan larutan EM4. Setelah itu aduk dan campurkan hingga merata dan bahan organik yang sudah disiapkan sebelumnya berubah menjadi lembab. Jika diperlukan, Anda juga bisa memercikkan air secukupnya. Tujuannya adalah untuk membuat bahan menjadi lembab atau sedikit basah. Jangan terlalu banyak memberikan air karena justru akan merusak adonan kompos.

  1. Masukkan ke dalam Wadah Tertutup

Terakhir tinggal masukkan adonan kompos yang tadi dibuat ke dalam wadah khusus. Anda bisa menggunakan karung, bak penampungan ataupun plastik berukuran besar. Tutup dan tunggu hingga proses fermenta selesai. Biasanya memakan waktu antara 2 hingga 3 bulan. Langkah paling penting saat buat kompos ini adalah proses pengadukan. Selama menunggu bahan kompos terfermentasi, lakukan pengadukan atau membolak-balikkan adonan sambil memercikkan air untuk membuatnya tetap lembab. Lakukan langkah ini setiap setidaknya 2 minggu sekali. Dengan melakukan proses membolak balik adonan ini akan membuat proses fermentasi kompos lebih cepat sehingga pupuk kompos pun bisa lebih cepat jadi.

Selain itu, karena prosesnya lama, Anda bisa melakukan proses berkelanjutan. Maksudnya, sambil menunggu adonan kompos pertama jadi, Anda bisa membuat adonan lainnya. Sehingga nantinya hasilnya lebih maksimal dan pemanfaatan sampah organik pun lebih maksimal.

Itu tadi adalah cara mudah dan sederhana buat kompos. Dengan memanfaatkan limbah organik menjadi pupuk kompos akan membantu lingkungan lebih bersih dan menambah nilai manfaat dari limbah organik. Selain itu, penggunaan pupuk kompos pastinya lebih aman karena tidak mencemari lingkungan dan pastinya hasil tanaman bisa tumbuh lebih baik serta menghasilkan buah yang juga aman dikonsumsi.

About the Author: abuhasan

Hobi ngeblog sangat menyenangkan untuk dikerjakan, mulai dari saya sekolah Mts/SMP sampai sekarang ini. Blog sangat bermanfaat untuk berbagi pengalaman kita ataupun pengetahuan kita untuk di publikasikan. Tidak hanya itu, blog juga dapat menghasilkan uang selagi sabar dalam mengerjakannya. Hobi mendapatkan uang itu menyenangkan.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *